1/04/2012

2013 : The Next Level Resolutions

Dibagikan oleh Dhieta at 6:54 pm
Happy New Year!!! Finally... nyampe juga kita di 2013 yah? :D And for all this time God is always good right? Seperti biasa, tahun baru saatnya kita bikin resolusi. Bukan formalitas doang lah pastinya, tapi resolusi yang serius biar setiap tahun kita ngga berhenti di titik yang sama :)  Tapi, sebelumnya resolusi yang dulu harus di-review dulu dong. Apa gunanya bikin resolusi baru kalo resolusi yang lama ngga pernah kita evaluasi? So, this is the review based on this previous post.

1. Baca Alkitab full dari Kejadian sampe Wahyu

Tahun 2012 kemarin aku komit buat baca Alkitab versi The Message dari Genesis sampe Revelation. Program yang dipake itu Bible Reading Plan dari You Version yang tipe Canonical (berurutan) buat setahun. Daaaannn, hasilnya adalaaaaaahhhhh............. mentok di Lukas! Wakakakak.... sebenernya sayang sih karena cuman ketinggalan dua bulan doang. November - Desember emang lagi sibuk banget sampe-sampe bible readingnya keteteran. Mmm, jadi gagal yah yang ini? Hwakakak... Kalo menurut aku sih lumayan, udah meningkat jauh banget soalnya dulu biasanya komitmen bible reading cuma sampe di Perjanjian Lama pertengahan^^

2. Bertekun dalam doa syafaat, proyek hafal ayat, dan disiplin perpuluhan

Resolusi yang ini aku jadiin satu soalnya reviewnya sama: masih inkonsisten. Maksudnya, sudah terbangun tapi masih bolong-bolong gitu. Masalahnya ga ke-record bolong-bolongnya seberapa. Jadi susah juga sih mau ngukur tingkat keberhasilan buat tiga resolusi itu. 

3. Belajar masak (lagi)

Hahahaha, keberhasilan resolusi yang ini hanya mentok pada membeli buku resep masakan rumahan di awal tahun. Abis itu, lupakan aj deh soal masak :(

4. Get organized

Yang ini kayanya bukan resolusi yang bagus soalnya ga bisa diukur. Kalo soal kerapian kamar kos dan meja kerja sih musiman gitu, ada kalanya rapi, ada kalanya seperti kandang domba :p Tapi, tahun ini udah beli rak buku, jadi buku-buku udah mulai tersusun lumayan rapi... Tapi kayanya masih kurang gede deh rak  bukunya hahahaha...............

8. Nabuuunnng dan beli rumah.

Puji Tuhan tahun ini sudah bisa bayar uang muka rumah dan urus sertifikat. Sertifikatnya akan jadi  pertengahan tahun depan. Rencananya akan sedikit direnovasi, mungkin sekitar bulan April. Masih harus hidup hemat ini nampaknya :p

***

Naaaaaaaahhh, belajar dari pengalaman bikin resolusi kaya tahun kemarin, resolusi buat tahun ini sepertinya harus SMART : Spesific - jelas, Measurable - bisa diukur, Action-Oriented - Praktikal, Realistic - memungkinkan, bisa dicapai dan Time Constrained - Kuantitas, batas waktu.

Misalnya Resolusi "meningkatkan hubungan pribadi dengan Allah" - that's not SMART, lebih baik apabila diubah menjadi "Saat Teduh SETIAP HARI mulai pukul 04.00 - 05.00"  Simple saja sebenarnya, tapi.. resolusi yang SMART akan menolong kita mengukur apakah pada akhirnya resolusi yang kita buat terlaksana atau tidak. Wew! Akademis sekali yah ;)

And theeeennn, apa resolusiku di tahun 2013?

Sebelumnya, ayo bahas dulu tuntunan Allah buat tahun 2013. Secara pribadi, aku dapat dari II Raja-Raja 20 yang pernah dibahas di post ini. Tahun 2013 ini sebenarnya gelap, mau doain apa ga gitu jelas, mau jalan ke next destination yang mana juga ga ngerti. Tapi, seperti yang dibilang di perikop itu, Tuhan suruh aku diam di tempat yang telah ditentukan dan tunggu disana sampai Tuhan menyatakan pekerjaanNya. Dan seperti Yosafat, God wants me to learn to set My eyes upon the Lord. I dont know what I have to do but I want to set my eyes upon the Lord. Pandang Tuhan saja. Tahun ini aku mendapatkan tuntunan buat FOKUS KEPADA ALLAH, kepada keintiman dengan Tuhan melalui disiplin rohani.

Nah, kalo di Gereja sih, tuntunan yang diberikan gembala sidang lewat Gembala Sidang adalah bahwa tahun 2013 ini adalah Tahun Pemulihan Seutuhnya (The Year of Restoration and Wholeness). Tahun ini adalah jembatan dari masa lalu ke masa depan, dari padang gurun menuju Tanah Perjanjian. Tahun ini adalah tahun dimana Tuhan mau membawa kita ke the next level. And then I remember God's Promise for Josaphat : Kamu akan melihat kemenangan yang dari Tuhan :)

Efesus 3:20 (NKJV)
Now to Him who is able to do exceedingly abundantly above all that we ask or think, according to the power that works in us, 

Aku berdoa di penghujung tahun 2013 nanti, pemulihan itu benar-benar terjadi. Janji Tuhan  dari Mazmur 126, waktu masa-masa aku banyak nangis beberapa tahun ini :p benar-benar digenapi.

Ketika Tuhan memulihkan keadaan Sion, keadaan kita seperti orang-orang yang bermimpi. Pada waktu itu mulut kita penuh dengan tertawa, dan lidah kita dengan sorak-sorai. Pada waktu itu berkatalan orang di antara bangsa-bangsa:"TUHAN telah melakukan perkara besar kepada orang-orang ini!" TUHAN telah melakukan perkara besar kepada kita maka kita bersukacita. Pulihkanlah keadaan kami, ya TUHAN, seperti memulihkan batang air kering di Tanah Negeb! Orang-Orang yang menabur dengan mencucurkan air mata, akan menuai dengan bersorak sorai. Orang yang berjalan maju dengan menangis sambil menabur benih, pasti pulang dengan sorak-sorai sambil membawa berkas-berkasnya.
 
Berhubung subtema di Gereja adalah Entering the Next Level, resolusi-resolusi buat tahun ini juga berkisar soal naik level. Here they areeeee......

Bidang   :  Naik Level dalam keintiman dengan Allah melalui disiplin rohani
Resolusi : 
- Midnight Worship SETIAP HARI pukul 11. 30 am - 12.30 am
- Puasa 1 minggu sekali, setiap hari RABU 
- Baca Alkitab 3 bulan selesai dengan program Bible in 90 Days dari You Version, minimal 3 kali setahun (versi Amplified, New Living Translation dan Bahasa Indonesia Sehari-hari)
- Menyelesaikan Alkitab The Message dari Lukas s/d Wahyu, 1 minggu 1 kitab.
- Membuat jadwal pokok doa syafaat HARIAN dan didoakan SETELAH Saat Teduh.

Untuk sasaran yang ini, tahun ini aku bener-bener mau gila-gilaan :D Saat teduh sengaja ngga dicantumin karena untuk yang satu itu yang diperlukan adalah konsistensi. Okeh, mari kita bahas satu demi satu... Midnight Worship seperti dibahas di post ini. Kalo baca Alkitab dalam 3 bulan... Well, yes, that's my ambisious project. Itu berarti sehari baca 12 halaman Alkitab, sekitar 10-16 pasal. Buat orang lain mungkin itu gampang banget, tapi buat aku... tahun kemarin yang 4 pasal sehari aja ngga selesai, hiks, hiks... Aku sih berharapnya dengan beban yang 'berat' itu aku ngga ngegampangin lagi. Soalnya menunda 4 pasal rasanya gampang, bisa didobel besoknya. Tapi, menunda 10 pasal itu jelas-jelas cari penyakit hehehe... Biasanya kalo terpaksa gitu bakal lebih committed. Trus satu lagi yang bikin aku nekat ambil resolusi ini adalah, aku bisa baca novel sekuler dalam waktu sehari, dan novel itu jelas-jelas lebih tebal dari 12 halaman Alkitab. Masa untuk kesenanganku sendiri aku bisa, tapi untuk pengenalan Firman Allah aku ngga bisa? #Plak! jadi, kalo lancar harusnya setahun bisa 4 (empat) kali baca Alkitab, tapi aku tetapin 3 kali aj, kalau-kalau sempat macet biar ada waktu buat ngejar hahaha...

Bidang : Naik Level dalam Kehidupan Keluarga
Resolusi :
- Telepon Bapak dan Ibu 1 kali seminggu

Hahaha... kayaknya aku harus ngaku kalo aku ini kurang inisiatif buat komunikasi dengan orang rumah. Yang ada Ibu bbm atau Bapak yang telp aku. This year I want to change :)

Bidang : Naik Level dalam Kehidupan Bergereja dan Pelayanan
Resolusi :
- Bergabung dalam pelayanan Dewasa Muda by GBI Senayan City dan LP Cipinang by KomUnity.
- PA dengan Reni 1x SETIAP BULAN di hari Sabtu minggu ke-4.

Aku tertanam di GBI Senayan City udah sekitar 4 tahun, tapi belum serius ambil pelayanan. Tahun ini aku mau banyak-banyak investasi buat orang lain. Udah lama doain buat pelayanan di dewasa muda karena emang aku lebih 'klik' dengan pelayanan 'youth and young adults' tapi ga pernah ditindaklanjuti bener-bener. Sebenernya ada ketakutan kalau akan ada waktu-waktu yang keambil, sempat mikir juga, kapan aku  istirahat dong kalo pelayanan, kerjaan juga udah capek banget. Cuman, kalo ngga pelayanan itu rasanya ada yang kurang. Kurang banget. Rasanya hidup ini ga ada artinya #halah Eh tapi bener loh, serius inih hahaha... Naaah, kalo pelayanan LP itu bareng beberapa teman-teman Komsel. Tapi tim nya sih dari berbagai gereja. Mereka melayani ibadah minggu di LP sekali sebulan. Setahuku sih Tuhan udah percayakan LP Cipinang dan sebuah LP di Tangerang. Jujur aja pas diajak awalnya males, aku ngga pernah mikir buat pelayanan LP, tapi I know I have time and resources, masa aku mau nolak? 

Kalo Reni, huahahahaha, gimana ngejelasinnya ya. Dia itu mungkin bisa dibilang adek rohani based on request. Kita ketemu di online Bible Study Ci Shinta, trus aku ajak dia ketemuan dengan Ci Nelly. Abis itu dia ngajak ketemuan lagi and asked me to be her mentor. I WAS SHOCKED! Wakakakakak.... Biasanya  mentor yang ngelamar mentee, eh ini sebaliknya :D Waktu itu pas banget aku lagi banyak dibukakan tentang investasi ke orang-orang, jadi aku dengan senang bilang iya. Resolusi ini adalah bentuk pertanggungjawabanku untuk jawaban iya waktu itu.

:D

Bidang : Naik Level dalam Manajemen Keuangan dan Investasi
Resolusi :
- Membuat neraca keuangan PERBULAN dilengkapi daftar pemasukan dengan checklist disiplin perpuluhan, dan 10% pemasukan untuk tabungan.
- Dapat KPR dan menyelesaikan renovasi rumah. 

Untuk neraca keuangan itu harus dibikin spesifik, berapa persen untuk hura-hura, berapa persen untuk buku, berapa persen untuk baju, kosmetik, makan enak :p PR nih buat dikerjain :)

Bidang : Naik Level dalam Talenta dan Karunia
- Lulus kelas Pengajaran KOM 200 by GBI Senayan City, melanjutkan KOM 300 apabila dibuka tahun ini.
- Baca buku rohani dan non-rohani masing-masing minimal 1 buku setiap bulan.
- Menulis fiksi minimal 1 jam tiap hari

- Tes IELTS dengan persiapan serius (berhubung mahal jadi mesti nabung dulu :D) Target skor 6,5.

Talentaku menulis. Setidaknya itu yang aku nikmati hehehe. jadi aku mau disiplin mengasah talenta yang satu ini. Selain tetap melayani di Pearl, aku juga sebenernya pengen nulis fiksi. Bicara soal menerbitkan buku rasanya itu tidak realistis untuk saat ini. Ada sih draft novel, tapi ga selesai-selesai. Sempat mau ikut beberapa lomba Cerpen tapi lagi-lagi ga selesai.Kalo kata Remy Silado sih, inspirasi itu dipaksa dan bukan dicari. Beberapa penulis favoritku di blognya nyaranin agar kita sediakan waktu buat menulis, ada inspirasi maupun tidak, ada ide maupun tidak. Lagi-lagi, ini soal disiplin.

Kalo karunia, berdasarkan tes, karuniaku yang paling kuat adalah mengajar, menasehati dan memotivasi. Belum jelas sih arahnya mau kemana, apa mau jadi konselor apa gimana, tapi yang jelas, mau diperkuat dulu sekarang. Apalagi kalo bukan dengan banyak-banyak belajar Firman Tuhan, biar pengajaran, nasehat dan motivasinya semakin diperkaya :) That's why tahun ini mau selesaiin kelas pengajaran dan lebih banyak membaca. Daftar bacaannya menyusul ya.

Bidang : Naik Level dalam Keterampilan Rumah Tangga
Resolusi :
- Masak minimal 1 kali seminggu, tiap SABTU/MINGGU.

Yang ini sebenernya aku pesimis T.T Bukan apa-apa, agak ragu aja, hiks... Jadi aku mulai dengan hal kecil aja deh, masak di hari libur. Kalo hari kerja, akan diusahakan, tapi itu bukan kewajiban dan sepertinya memang tidak memungkinkan :p :p :p

Ok then. Strategi sepanjang 2013 sudah lumayan terencana. Tidak lagi menjalaninya dengan mengalir-mengalir saja. Tapi, tidak menutup kemungkinan buat komitmen/resolusi lain sepanjang setahun ke depan. Yang jelas, aku akan bikin check list harian, semacam tabel-tabel gitu yang isinya resolusi ini. Jadi kalo terlaksana tinggal dicentang, kalo ngga terlaksana ya kosongin aja. Finally, aku bisa liat progressnya dan memicu diri buat setia dengan komitmen yang udah dibuat.

Anyway, sangat excited dengan apa yang Tuhan mau kerjakan di tahun ini, karena sebenarnya tahun ini seperti memulai dengan sebuah kekosongan. I mean, ga ada target spesifik atau pokok doa khusus. Mungkin tahun ini Tuhan emang mau aku fokus kepada Dia saja. After that, everything will just follow.

:)



God bless,


8 comments:

Mega said...

Hua Dit...sehari satu ayat, setahun berapa tuh? Mantabbbb d^^b Jadi Alkitab berjalan kamu, hahahahahha. Resolusimu banyak yang sama lo denganku, aku juga pengen bei rumah lo tahun ini, hehehehehehe. Selama ini numpang di tempat tante,fiuh....Gak nyesal sih, belajar banyak dari keluarga ini. Tapi kan gak mungkin selamanya disini. Kontrak minimal 10 tahun baru bisa pindah, mau kos juga sayang ah duitnya :p

Theresia Hutapea said...

so cool ma sist!!*gaya ngerap ;p
aku sih pngen lulus dpt kerja ktmu si dia hemmm
bljar masak juga sih hhehehe
dan yang dri dlu kaga ksmpaian
naik berat badan 5 kg! :D
doain aja soal rumah, bs tiba2 aja dia pngen jual tuh rumah, who knows klo Tuhan udh kerja hehehe ;p
i believe krinduan yg mulia itu dtg dri Babe in He'll bless your dream utk bli itu rumah..God will provide more than u can imagine and ask!! hohohohoho ;p
Cieee 3 thn lagi nie keluar neheri!nikah dlu ya??;p ameen

Theresia Hutapea said...

btw Anita yg ktnya udh pndah keblogspot, asiik..mana alamat barunya?hahaha *numpang

KeZia Margaret said...

WOHOOOO.. akhirnya keluar juga nehh resolusi dari kak dita...hehehe.. aku juga jadi pengen bikin, tapi lum ada waktu.huhuhu.. bilang2 kak kta sama yaa. rada berantakan.. kamar-ku juga mirip kaya titanic karam.hahahaa.

Dhieta said...

@Mega : Yuk, Meg, klo gtu kita beli rumah yg tetanggaan hahaha. Semoga resolusi kita terlaksana tahun ini yaah, dengan anugerahNya :)

@Echa : lulus dapet kerja dan ketemu si dia itu cuman soal waktu :p doain lah ak bisa beli rumah, biar ak bisa kasi kau kerjaan, jadi desainer interiornya rumahku itu hahaha. Wkwkw, sounds enak banget ya penempatan itu, tapi belum tentu ak mutusin berangkat si, cha... wkwkwk

@Kezia : resolusinya ini aja kez, skripsi cepet jadi biar cepet lulus n wisuda :) klo ak sih selama ini dekor kamarny selalu berasa natal, tapi bagian kandang dombanya, wkwkwk

Anita Bong said...

Great vision XD yg nomor 6 dan 7 perlu dicontoh hahahah~ aku juga kesulitan untuk belajar masak dan teratur :'( semoga di tahun baru ini kita menjadi pribadi yang menyenangkan Tuhan lebih lagi :D semangat dengan visinya :D

God bless you :)

Dhieta said...

@Anita : Wkwkwk, kita tuker2an resep yuk hahaha.... amin, yuk sama2 belajar dan berjuang menyenangkan Dia :)

Nonik said...

habis baca posting ini aku merasa diriku buanyaaak bgt yg harus dibenahi T.T

Post a Comment

I'd love to hear anything from you...
:)

 

Pena Di Tangan Bapa Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review