Road to The Ministry

Links to this post
"Hi, I'm Mekar Andaryani Pradipta, and I work for the Ministry of the Foreign Affairs, and yes, that means I'm a diplomat, woman diplomat!"

Huahahahahaha... #ketawa ala sinetron# 

Anyway, kalo di Kamus Besar Bahasa Indonesia alias KBBI (yang tebelnya minta ampun >.<), diplomat itu artinya orang yang berkecimpung di bidang diplomasi. Nah, kalo diplomasi sendiri artinya urusan atau penyelenggaraan perhubungan resmi antara satu negara dan negara yang lain atau bisa juga diartikan sebagai urusan kepentingan sebuah negara dengan perantaraan wakil-wakilnya di negara lain.

Riweh, ya?

Aku juga ngga tau apa itu diplomat dan diplomasi sebelum masuk ke Kementerian Luar Negeri (Kemlu). So, gimana ceritanya aku bisa jadi diplomat? Haha, yang ada di otakku dulu, aku pengen keliling dunia. Pengeeeeeennnn bangeeeetttt..... Sampe tiap doa, merengek-rengek ke Tuhan, "Huaaaa, aku pengen ke Paris, Tuhaaaaannn..." Trus tiap liat gambar kota-kota di Eropa langsung berasa ada hujan yang turun di hatiku (kaya gmn tuh ya?) Intinya, mulai lah cari-cari cara biar bisa ke luar negeri gratis, dan bukan buat sekolah tapi kerja. You know laah, sekolah ngeluarin duit n kerja itu dapet duit wkwkwk

Yang aku tahu waktu itu, cuma ada dua perkerjaan yang pasti bisa bikin kita ke luar negeri: jadi pramugari atau masuk Kementerian Luar Negeri. Begitu lulus SMA, udah niat jadi pramugari tapi terhalang cos orang tua nyuruh kuliah, hiks. Begitu lulus kuliah, berhubung wajah tak lagi mulus, gigi bolong2 dan kulit jadi gosong, lenyap sudah impian jadi pramugari :p Tinggal gabung ke Kemlu nih jalan satu-satunya (^-^)

Then, begitu denger ada rekrutmen Kemlu, I decided to join the competition. Untuk lulusan S1 FISIP kaya aku, mereka membuka posisi PDK alias Pejabat Diplomatik dan Konsuler. Nah, the Road to the Ministry ini adalah pengalamanku masuk Kemlu, yang ternyata bukan sekedar pengen, ikut tes, and masuk, tapi juga perjalanan mengalami kuasa dan penyertaan Tuhan, terutama merasakan penggenapan janjiNya. Mungkin sharing ini juga bisa jadi referensi buat teman-teman yang pengen masuk Kemlu dan jadi diplomat, yang tugas utamanya adalah menjadi representasi Indonesia di luar negeri (termasuk ngurusin TKI2 kita yang sering jadi korban ketidakadilan, hiks,,,)

Are you ready to join with me in this road??? If  yes, these are the steps...

Enjoy the trip...

God bless,
 

Pena Di Tangan Bapa Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review