1/02/2013

2013 : The Next Level Resolutions

Dibagikan oleh Dhieta at 6:18 pm
Happy New Year!!! Finally... nyampe juga kita di 2013 yah? :D And for all this time God is always good right? Seperti biasa, tahun baru saatnya kita bikin resolusi. Bukan formalitas doang lah pastinya, tapi resolusi yang serius biar setiap tahun kita ngga berhenti di titik yang sama :)  Tapi, sebelumnya resolusi yang dulu harus di-review dulu dong. Apa gunanya bikin resolusi baru kalo resolusi yang lama ngga pernah kita evaluasi? So, this is the review based on this previous post. 

1. Baca Alkitab full dari Kejadian sampe Wahyu

Tahun 2012 kemarin aku komit buat baca Alkitab versi The Message dari Genesis sampe Revelation. Program yang dipake itu Bible Reading Plan dari You Version yang tipe Canonical (berurutan) buat setahun. Daaaannn, hasilnya adalaaaaaahhhhh............. mentok di Lukas! Wakakakak.... sebenernya sayang sih karena cuman ketinggalan dua bulan doang. November - Desember emang lagi sibuk banget sampe-sampe bible readingnya keteteran. Mmm, jadi gagal yah yang ini? Hwakakak... Kalo menurut aku sih lumayan, udah meningkat jauh banget soalnya dulu biasanya komitmen bible reading cuma sampe di Perjanjian Lama pertengahan^^

2. Bertekun dalam doa syafaat, proyek hafal ayat, dan disiplin perpuluhan

Resolusi yang ini aku jadiin satu soalnya reviewnya sama: masih inkonsisten. Maksudnya, sudah terbangun tapi masih bolong-bolong gitu. Masalahnya ga ke-record bolong-bolongnya seberapa. Jadi susah juga sih mau ngukur tingkat keberhasilan buat tiga resolusi itu. 

3. Belajar masak (lagi)

Hahahaha, keberhasilan resolusi yang ini hanya mentok pada membeli buku resep masakan rumahan di awal tahun. Abis itu, lupakan aj deh soal masak :( 

4. Get organized 

Yang ini kayanya bukan resolusi yang bagus soalnya ga bisa diukur. Kalo soal kerapian kamar kos dan meja kerja sih musiman gitu, ada kalanya rapi, ada kalanya seperti kandang domba :p Tapi, tahun ini udah beli rak buku, jadi buku-buku udah mulai tersusun lumayan rapi... Tapi kayanya masih kurang gede deh rak  bukunya hahahaha...............

5. Nabuuunnng dan beli rumah.

Puji Tuhan tahun ini sudah bisa bayar uang muka rumah dan urus sertifikat. Sertifikatnya akan jadi  pertengahan tahun depan. Rencananya akan sedikit direnovasi, mungkin sekitar bulan April. Masih harus hidup hemat ini nampaknya :p

Naaaaaaaahhh, belajar dari pengalaman bikin resolusi kaya tahun kemarin, resolusi buat tahun ini sepertinya harus SMART : Spesific - jelas, Measurable - bisa diukur, Action-Oriented - Praktikal, Realistic - memungkinkan, bisa dicapai dan Time Constrained - Kuantitas, batas waktu.

Misalnya Resolusi "meningkatkan hubungan pribadi dengan Allah" - that's not SMART, lebih baik apabila diubah menjadi "Saat Teduh SETIAP HARI mulai pukul 04.00 - 05.00"  Simple saja sebenarnya, tapi.. resolusi yang SMART akan menolong kita mengukur apakah pada akhirnya resolusi yang kita buat terlaksana atau tidak. Wew! Akademis sekali yah ;) 

And theeeennn, apa resolusiku di tahun 2013?

Sebelumnya, ayo bahas dulu tuntunan Allah buat tahun 2013. Secara pribadi, aku dapat dari II Raja-Raja 20 yang pernah dibahas di post ini. Tahun 2013 ini sebenarnya gelap, mau doain apa ga gitu jelas, mau jalan ke next destination yang mana juga ga ngerti. Tapi, seperti yang dibilang di perikop itu, Tuhan suruh aku diam di tempat yang telah ditentukan dan tunggu disana sampai Tuhan menyatakan pekerjaanNya. Dan seperti Yosafat, God wants me to learn to set My eyes upon the Lord. I dont know what I have to do but I want to set my eyes upon the Lord. Pandang Tuhan saja. Tahun ini aku mendapatkan tuntunan buat FOKUS KEPADA ALLAH, kepada keintiman dengan Tuhan melalui disiplin rohani. 

Kalo di Gereja sih, tuntunan yang diberikan gembala sidang lewat Gembala Sidang adalah bahwa tahun 2013 ini adalah Tahun Pemulihan Seutuhnya (The Year of Restoration and Wholeness). Tahun ini adalah jembatan dari masa lalu ke masa depan, dari padang gurun menuju Tanah Perjanjian. Tahun ini adalah tahun dimana Tuhan mau membawa kita ke the next level. And then I remember God's Promise for Josaphat : Kamu akan melihat kemenangan yang dari Tuhan :) 

Efesus 3:20 (NKJV)
Now to Him who is able to do exceedingly abundantly above all that we ask or think, according to the power that works in us,  

Aku berdoa di penghujung tahun 2013 nanti, pemulihan itu benar-benar terjadi. Janji Tuhan  dari Mazmur 126, waktu masa-masa aku banyak nangis beberapa tahun ini :p benar-benar digenapi. 

Ketika Tuhan memulihkan keadaan Sion, keadaan kita seperti orang-orang yang bermimpi. Pada waktu itu mulut kita penuh dengan tertawa, dan lidah kita dengan sorak-sorai. Pada waktu itu berkatalan orang di antara bangsa-bangsa:"TUHAN telah melakukan perkara besar kepada orang-orang ini!" TUHAN telah melakukan perkara besar kepada kita maka kita bersukacita. Pulihkanlah keadaan kami, ya TUHAN, seperti memulihkan batang air kering di Tanah Negeb! Orang-Orang yang menabur dengan mencucurkan air mata, akan menuai dengan bersorak sorai. Orang yang berjalan maju dengan menangis sambil menabur benih, pasti pulang dengan sorak-sorai sambil membawa berkas-berkasnya. 

Berhubung subtema di Gereja adalah Entering the Next Level, resolusi-resolusi buat tahun ini juga berkisar soal naik level. Here they areeeee......

Bidang   :  Naik Level dalam keintiman dengan Allah melalui disiplin rohani 
Resolusi : 
- Midnight Worship SETIAP HARI pukul 11. 30 am - 12.30 am
- Puasa 1 minggu sekali, setiap hari RABU 
- Baca Alkitab 3 bulan selesai dengan program Bible in 90 Days dari You Version, minimal 3 kali setahun (versi Amplified, New Living Translation dan Bahasa Indonesia Sehari-hari)
- Menyelesaikan Alkitab The Message dari Lukas s/d Wahyu, 1 minggu 1 kitab.
- Membuat jadwal pokok doa syafaat HARIAN dan didoakan SETELAH Saat Teduh.

Untuk sasaran yang ini, tahun ini aku bener-bener mau gila-gilaan :D Saat teduh sengaja ngga dicantumin karena untuk yang satu itu yang diperlukan adalah konsistensi. Okeh, mari kita bahas satu demi satu... Midnight Worship seperti dibahas di post ini. Kalo baca Alkitab dalam 3 bulan... Well, yes, that's my ambisious project. Itu berarti sehari baca 12 halaman Alkitab, sekitar 10-16 pasal. Buat orang lain mungkin itu gampang banget, tapi buat aku... tahun kemarin yang 4 pasal sehari aja ngga selesai, hiks, hiks... Aku sih berharapnya dengan beban yang 'berat' itu aku ngga ngegampangin lagi. Soalnya menunda 4 pasal rasanya gampang, bisa didobel besoknya. Tapi, menunda 10 pasal itu jelas-jelas cari penyakit hehehe... Biasanya kalo terpaksa gitu bakal lebih committed. Trus satu lagi yang bikin aku nekat ambil resolusi ini adalah, aku bisa baca novel sekuler dalam waktu sehari, dan novel itu jelas-jelas lebih tebal dari 12 halaman Alkitab. Masa untuk kesenanganku sendiri aku bisa, tapi untuk pengenalan Firman Allah aku ngga bisa? #Plak! jadi, kalo lancar harusnya setahun bisa 4 (empat) kali baca Alkitab, tapi aku tetapin 3 kali aj, kalau-kalau sempat macet biar ada waktu buat ngejar hahaha...

Bidang : Naik Level dalam Kehidupan Keluarga 
Resolusi :
- Telepon Bapak dan Ibu 1 kali seminggu

Hahaha... kayaknya aku harus ngaku kalo aku ini kurang inisiatif buat komunikasi dengan orang rumah. Yang ada Ibu bbm atau Bapak yang telp aku. This year I want to change :) 

Bidang : Naik Level dalam Kehidupan Bergereja dan Pelayanan 
Resolusi :
- Bergabung dalam pelayanan Dewasa Muda by GBI Senayan City dan LP Cipinang by KomUnity.
- PA dengan Reni 1x SETIAP BULAN di hari Sabtu minggu ke-4.

Aku tertanam di GBI Senayan City udah sekitar 4 tahun, tapi belum serius ambil pelayanan. Tahun ini aku mau banyak-banyak investasi buat orang lain. Udah lama doain buat pelayanan di dewasa muda karena emang aku lebih 'klik' dengan pelayanan 'youth and young adults' tapi ga pernah ditindaklanjuti bener-bener. Sebenernya ada ketakutan kalau akan ada waktu-waktu yang keambil, sempat mikir juga, kapan aku  istirahat dong kalo pelayanan, kerjaan juga udah capek banget. Cuman, kalo ngga pelayanan itu rasanya ada yang kurang. Kurang banget. Rasanya hidup ini ga ada artinya #halah Eh tapi bener loh, serius inih hahaha... Naaah, kalo pelayanan LP itu bareng beberapa teman-teman Komsel. Tapi tim nya sih dari berbagai gereja. Mereka melayani ibadah minggu di LP sekali sebulan. Setahuku sih Tuhan udah percayakan LP Cipinang dan sebuah LP di Tangerang. Jujur aja pas diajak awalnya males, aku ngga pernah mikir buat pelayanan LP, tapi I know I have time and resources, masa aku mau nolak? 

Kalo Reni, huahahahaha, gimana ngejelasinnya ya. Dia itu mungkin bisa dibilang adek rohani based on request. Kita ketemu di online Bible Study Ci Shinta, trus aku ajak dia ketemuan dengan Ci Nelly. Abis itu dia ngajak ketemuan lagi and asked me to be her mentor. I WAS SHOCKED! Wakakakakak.... Biasanya  mentor yang ngelamar mentee, eh ini sebaliknya :D Waktu itu pas banget aku lagi banyak dibukakan tentang investasi ke orang-orang, jadi aku dengan senang bilang iya. Resolusi ini adalah bentuk pertanggungjawabanku untuk jawaban iya waktu itu.

:D

Bidang : Naik Level dalam Manajemen Keuangan dan Investasi 
Resolusi :
- Membuat neraca keuangan PERBULAN dilengkapi daftar pemasukan dengan checklist disiplin perpuluhan, dan 10% pemasukan untuk tabungan. 
- Dapat KPR dan menyelesaikan renovasi rumah. 

Untuk neraca keuangan itu harus dibikin spesifik, berapa persen untuk hura-hura, berapa persen untuk buku, berapa persen untuk baju, kosmetik, makan enak :p PR nih buat dikerjain :)

Bidang : Naik Level dalam Talenta dan Karunia 
- Lulus kelas Pengajaran KOM 200 by GBI Senayan City, melanjutkan KOM 300 apabila dibuka tahun ini.
- Baca buku rohani dan non-rohani masing-masing minimal 1 buku setiap bulan.
- Menulis fiksi minimal 1 jam tiap hari
- Tes IELTS dengan persiapan serius (berhubung mahal jadi mesti nabung dulu :D) Target skor 6,5.

Talentaku menulis. Setidaknya itu yang aku nikmati hehehe. jadi aku mau disiplin mengasah talenta yang satu ini. Selain tetap melayani di Pearl, aku juga sebenernya pengen nulis fiksi. Bicara soal menerbitkan buku rasanya itu tidak realistis untuk saat ini. Ada sih draft novel, tapi ga selesai-selesai. Sempat mau ikut beberapa lomba Cerpen tapi lagi-lagi ga selesai.Kalo kata Remy Silado sih, inspirasi itu dipaksa dan bukan dicari. Beberapa penulis favoritku di blognya nyaranin agar kita sediakan waktu buat menulis, ada inspirasi maupun tidak, ada ide maupun tidak. Lagi-lagi, ini soal disiplin.

Kalo karunia, berdasarkan tes, karuniaku yang paling kuat adalah mengajar, menasehati dan memotivasi. Belum jelas sih arahnya mau kemana, apa mau jadi konselor apa gimana, tapi yang jelas, mau diperkuat dulu sekarang. Apalagi kalo bukan dengan banyak-banyak belajar Firman Tuhan, biar pengajaran, nasehat dan motivasinya semakin diperkaya :) That's why tahun ini mau selesaiin kelas pengajaran dan lebih banyak membaca. Daftar bacaannya menyusul ya.

Bidang : Naik Level dalam Keterampilan Rumah Tangga
 Resolusi :
- Masak minimal 1 kali seminggu, tiap SABTU/MINGGU.

Yang ini sebenernya aku pesimis T.T Bukan apa-apa, agak ragu aja, hiks... Jadi aku mulai dengan hal kecil aja deh, masak di hari libur. Kalo hari kerja, akan diusahakan, tapi itu bukan kewajiban dan sepertinya memang tidak memungkinkan :p :p :p 

Ok then. Strategi sepanjang 2013 sudah lumayan terencana. Tidak lagi menjalaninya dengan mengalir-mengalir saja. Tapi, tidak menutup kemungkinan buat komitmen/resolusi lain sepanjang setahun ke depan. Yang jelas, aku akan bikin check list harian, semacam tabel-tabel gitu yang isinya resolusi ini. Jadi kalo terlaksana tinggal dicentang, kalo ngga terlaksana ya kosongin aja. Finally, aku bisa liat progressnya dan memicu diri buat setia dengan komitmen yang udah dibuat. 

Anyway, sangat excited dengan apa yang Tuhan mau kerjakan di tahun ini, karena sebenarnya tahun ini seperti memulai dengan sebuah kekosongan. I mean, ga ada target spesifik atau pokok doa khusus. Mungkin tahun ini Tuhan emang mau aku fokus kepada Dia saja. After that, everything will just follow. 

:)



God bless,




25 comments:

AnitaBong said...

Wooogh!Aku ikut bergetar baca resolusinya mbak dhieta hahahah~ semangat mbaaak!

Resolusi buat baca ALkitabnya gila bener!! 10 pasal booo! O_O wogh! Semoga berhasil ya mbaak :) bagi2 klo dapet something XD hehehe~

Happy new year yaa! Gbu :)

keZioong said...

Wohhhhhhh gileee resolusi baca biblenya booowwww!!
Ikut ketabok tabok. dulu kaya-na aku gampang buat baca beberapa pasal, tapi sekarang untuk merenungkan sedikit pasal ajaa susyeeehhh.. Jadi ikut kebakar gara2 kak dita..hehehe.

Dhieta said...

Hahahaha... mosok bergetar, coba jangan digetar, silent mode aja :D :D :D 10 pasal itu sebenernya program komsel, dari ibu gembala, cuman selama ini ak masih anggap ga penting^^ Abis dipikir2 lagi, bisa lah, pasti bisa! :p

Happy new year too, nitaaaa :*

Dhieta said...

Sejak akhir tahun kmrn gembala COOL udah dorong2 biar kita baca sepuluh pasal kez, hahaha.... semangat yaah, bikin komitmen baru aj, yg setahun selesai atau 6 bulan selesai juga gpp :D

FarhaElein said...

Wah,,mbak dhieta.. Bc postingan ini aja bkin aku semangat. Makasih udh nulis postingan yg really encouraging.
Resolusi aku thun ini selain bc Alkitab lg smpe selesai,jg doa puasa.
U/ doa puasa,ini bener2 komitmen yg plg menantang (buat aku), tp pas bc tulisan ini, jd semangat.

God bless,,

Ester said...

Wow...udah ada tulisan resoluisnya nih dhieta....
Banyak juga ya resolusinya...
Tahun ini emg tahun buat Tuhan banget ya :)
Perlu konsisten buat jalaninnya, klo kemaren2 biasanya aku itu di bulan2 awal semangat 45 mewujudkan resolusi, tapi udah tengah2 tahun..apinya udah mengecil..mengecil....hampir padam....menjelang akhir tahun baru nyala lagi hehehhe....
Yang resolusi buat masak itu semangat yahhh...aku juga udah masukin itu jadi resolusi tiap tahun, tapi hasilnya ya gitu2 doang hehehhe...tapi harus tetap semangat...
Happy new year 2013
Semangat bru, resolusi baru...
Dan tentunya tetap melangkah bersama Tuhan...
Ganbatte :)

Dhieta said...

Aaaawwww, ada Ester :p

Iya ter, udah ngantor jadi bisa nge-blog #loh? :D Iya, tahun ini buat Tuhan banget, kamu juga kan? ;) semoga bisa konsisten, doain yaa, ak juga cenderung semangat di awal abis itu males... tapi aku mau belajar, belajar buat committed, taat dan setia :) Sering2 tanyain dong ter, biar ak terpacu wakakakakak

Iyaa, makanya kalo soal masak aku mau realistis aj, seminggu sekali itu juga udah bagus haha. Eh eh, yuuukkkk, kapan2 kita masak bareng... sepertinya menyenangkan...

This year gonna be awesome, for you, for me, for us!

Omong-omong, mana resolusimu???

melisa said...

Wuhuuuuu.... resolusi nya bikin yang baca membahana :D
Btw, suka baca you version juga yah? sebenarnya tahun ini aku mau ambil baca alkitab yang 1 tahun itu loh.. tapi berhubung aku merasa blom bisa komit, jadi aku gk jd deh ambil plan itu... :(

Happy new year yah ^^

Dhieta said...

Hahaha... ada bergetar, ada membahana... lah opo iki??? :p Iya, setahun kemarin pake you version yang setahun itu juga, udah selesai smpe Lukas. Tahun ini mau dikejar :) Coba dulu aj mel, yang penting bentuk habit baca Firman dulu... ntar lama2 enjoy kok :)

Happy new year too^^

Ervin said...

good your story..
really inspired with your story :)

Dhieta said...

Thank you ervin :)
Glad if you're blessed^^

Martha_oktavina said...

two thumbs up buat Ditha..hope resolusinya smua tercapai ya say...mamanya keiko aja baru mau mulai belajar alkitab dari kejadian - wahyu, dan sekarang baru sampe keluaran. :D, hope dgn smua resolusi ditha..tetep bs konsisten ya :D

QS said...

So specific! good. Liburan jadi sempet nulis posting yaaa hehe baca resolusimu jadi membuatku berpikir resolusiku. thanks :)

Volare Amanda said...

wuaahh... emeiziing banget resolusinya kak!
saya baca Alkitab 1 pasal sehari aja udah fiuuhhh banget. capek banget pulang kerja. Tapi kak Dhieta bisa baca segitu banyak, dgn kerjaan, pelayanan, ngeblog, ketrampilan, dll. Emeiziinnggg...!! *plok plok plok*

oiya salam kenal kak Dhieta :)

Dhieta said...

Hehehe... Iya kak Martha, kita sama-sama belajar ya^^ Apalagi kak martha yg udah ada keiko, pasti tantangannya lebih besar... Semangat yaa^^

melisa said...

waduuuh yg 1 tahun selesai kejadian - wahyu tiap hari nya 6 pasalll boo... hahahhahaa, kayanya untuk sekarang blom bisa aku jadiin resolusi ^^

iya itu bergetar membahan syalamrini hahahahhaa

Dhieta said...

Can't wait to see yours!!! :D Let's strive together, yo!

Dhieta said...

Halo, V! Wakakakak, panggilannya apa nih? Ga papa kok 1 pasal sehari... yang penting belajar disiplin, tekun, dan bayar harga dulu, abis itu ditingkatkan sedikit demi sedikit.

Eh, jangan emeizing dulu hahaha... Ini aku juga baru tahun ini bikin yang spesifik gini... Dijalanin sminggu ini, eh ternyata lumayan bisa... Jadi sadar kalo selama ini ternyata banyak waktu terbuang...

Salam kenal juga, ak udah baca2 blog mu loh :)

christine natalia said...

astagaaa banyaakk banget kak resolusinyaaaaaa... hihihihi.. well semangat! :D

Dhieta said...

Hwakakakak... aku mulai ngerasa kebanyakan iniiiihhh jadinyaaa... jia you!!! Hahaha... thankies tiiinnnn^^

Volare Amanda said...

panggil aja amanda deh. hehehhe.. biasanya temen2ku pada manggil itu.
loh? baca blogku? tau dari mana?

Dhieta said...

Okeh, panggil Manda aja yaa^^ Wkwkwk, nemunya udah lama, udah lupa tau dari mana :D Cuman kan dulu jarang di update yaah... Untung sekarang udah banyak post baru ^^ Nanti aku kasih komen aaahhh.... :D

Jerry said...

hi Dhieta, first time here, linked from Volare's blog.

Resolusinya banyak sekali, tapi semuanya sebetulnya harus menjadi resolusi untuk kita semua, kayak deket sama ortu and naik level dalam karunia dan hubungan dengan Tuhan.

secara khusus saya dukung bagian yang tentang keuangan dan investasi. awal tahun ini I'm trying to get everyone excited about mencatat pengeluaran and membenahi kehidupan keuangan pribadi. sejak 1 Jan bombarding everyone with financial posts on our blog. Mulai dari introspeksi keuangan 2012, Lima langkah keuangan 2013, sampe Buka-bukaan pengeluaran kami selama 2012, dan membagikan cerita teladan keuangan teman kami. very excited juga tahun ini saya bisa mulai mengajar keuangan untuk sesi katekisasi pranikah di gereja.

Yuk semua, belajar

viryani khogianto said...

get organized?
mank kamu ga seteratur apa dhiet? aku kira pasti terjadwal bgt apalgi kmu srg traveling eheh. btw, aku uda follow kmu blon sih di listmu?
di aku, kadang news mu muncul. kadang ga, dan aku mao cari nih follow button kok ga ada yah huhu

Dhieta said...

wkwkwkw... Ms. Messy and Ms. Deadline lah pokoknya :D :D :D Iya sering travelling tapi kebanyakan mendadak hahaha... Ada kok ni, follow button, di samping kiri tuh... Kan ada button join this site tuh :) Tapi kayany ani udah follow kok...

Post a Comment

I'd love to hear anything from you...
:)

 

Pena Di Tangan Bapa Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review