6/12/2012

Namanya aja Doa Puasa^^

Dibagikan oleh Mekar A. Pradipta at 6:35 pm
Awalnya aku pikir berpuasa itu mudah. I mean emang pada dasarnya aku ini ngga doyan makan :p Jadi puasa dari pukul 07.00 - 16.00 bahkan tanpa makan pagi bukan hal sulit. Tapi kita dituntut untuk tidak hanya berpuasa tapi juga berdoa. Namanya aja Doa Puasa : Doa dan puasa. Yang pertama adalah doa. Puasa adalah cara untuk mengkondisikan roh kita makin tekun berdoa. Dengan puasa, roh kita selalu aware kalau kita sedang dalam posisi mendoakan sesuatu.

Hanya saja sampai saat ini untuk berdoa dengan ekstra dan khusus rasanya masih sulit. Keadaan juga agak sedikit memburuk. Penyakit lama, which is, emosi tegangan tinggi mulai menyerang lagi. Sampai akhirnya aku mulai bisa meraba apa yang sebenarnya sedang terjadi,

I Petrus 5:8-11 (The Message Version)
Keep a cool head. Stay alert. The Devil is poised to pounce, and would like nothing better than to catch you napping. Keep your guard up. You're not the only ones plunged into these hard times. It's the same with Christians all over the world. So keep a firm grip on the faith. The suffering won't last forever. It won't be long before this generous God who has great plans for us in Christ - eternal and glorious plans they are! - will have you put together and on your feet for good. He gets the last word; yes, he does.

Aku dapet ayat ini di saat teduh tepat setelah malamnya penyakit emosi tingkat tinggi itu menyerang lagi. Thank God penyakit itu tidak kambuh meledak-ledak >,< Lewat ayat ini Tuhan bicara beberapa hal:

1. Keep a cool head

Di terjemahan lain dibilang be sober, be self controlled. Yang ini pas banget sama penyakit emosi tingkat tinggi itu. Emosi yang bikin aku susah banget ngotrol emosi, efeknya bisa sedih dan gelisah berlebihan, jug amarah-marah ngomel-ngomel ga karuan. Tapi emang bagian ini juga yang selama proses ini Tuhan bangun di karakterku, pengendalian diri, roh yang lembut dan tenang. Ternyata di masa-masa doa puasa ini, semua itu kembali dipake si Iblis buat memicuku memberi respon yang salah, seperti dulu. Untung belom smpe terjerumus, sudah ada early warning lewat ayat ini :)) Tuhan teope deh! 

2. Stay alert.

Bagian ini jelas ngga bisa dipisahin dengan kalimat di belakangnya : The Devil is poised to pounce, and would like nothing better than to catch you napping. I underlined the word napping alias tidur siang. Entah kenapa bagian ini ingetin aku tentang Getsemani, bagaimana Kristus mengajak murid-muridnya berdoa tapi mereka justru tidur.

Bagian ini meninggalkan rhema yang dalam, that I have to be alert by praying karena di masa-masa close to victory seperti ini si Iblis akan makin gencar berusaha buat merebut dan membatalkan destiny yang Tuhan sudah tetapkan.

Memang tidur itu juga jadi masalah yang mencuri waktu-waktu dimana aku seharusnya berdoa. Persis seperti 3 murid Yesus di Getsemani. Saat itu, Yesus meminta mereka berjaga-jaga dengan dia. Tapi mereka tidur. 

Matius 26:40-41
Setelah itu Ia kembali kepada murid-murid-Nya itu dan mendapati mereka sedang tidur. Dan Ia berkata kepada Petrus: "Tidakkah kamu sanggup berjaga-jaga satu jam dengan Aku? Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah."

Mengingat ayat yang ini aku belajar kalau berjaga-jaga yang dimaksud Tuhan bukan cuma sekedar waspada, tapi berdoa, berdoa, dan berdoa. Doa inilah yang akan keep the guard up upon us. Kuasa doa itu yang akan jadi protektor sekaligus senjata untuk melawan segala upaya jahat Iblis. 

Lagi-lagi aku ditegur kalau puasa saja ngga cukup, tetapi doa. Doa tanpa puasa lebih baik daripada puasa tanpa doa. I have to completely aware kalau walaupun kayanya adem ayem aja, semua ini sebenernya adalah perang. Iblis, si singa ompong itu, sedang muter-muter mencari celah untuk bisa menyerang. Or maybe di alam roh sana, they are doing something agaist us!

Inget kan cerita tentang Daniel yang berdoa dan berpuasa 21 hari... Pas hari ke-21 ada malaikat datang dan menjelaskan kalo sejak hari pertama Daniel berdoa, dia udah bergerak membawa jawaban doa. Tapi, si Iblis itu berusaha menggagalkan dia dalam perjalanannya. Untung Daniel tekun berdoa, doanya itu yang menggerakkan kuasa surgawi dan mengalahkan kuasa Iblis yang mau merebut jawaban doanya. Phew! 

3. So keep a firm grip on the faith.

Sejak mulai puasa apakah keadaan mulai membaik? Hmmm, sempat, tapi kayanya sekarang intensitasnya turun lagi :D No matter what, God asked me to keep a firm grip on faith. That means keep on believing, keep on hoping. 

4. He gets the last word; yes, he does.
Maksudnya he gets the last word itu kurang lebih gini, pada akhirnya Tuhan yang menentukan segala sesuatu. Persis seperti ayat yang aku dapat di masa awal puasa ini,

"Sesungguhnya seperti yang kumaksudkan, demikianlah akan terjadi, dan seperti yang kurancang, demikianlah akan terlaksana (Yesaya 14:24)

So, just do my part, kaya yang Echa bilang, kalau janji itu dari Tuhan, tanggung jawab buat menggenapinya juga ada di tangan Tuhan. Nah, Tuhan itu jelas Tuhan yang bertanggung jawab. Mau kuatir apa lagi coba?

It won't be long before this generous God who has great plans for us in Christ - eternal and glorious plans they are! - will have you put together and on your feet for good.

Dan aku perkatakan demikian,
Before three months, this generous God who has great plans for me in Christ - eternal and glorious plans they are! - will have me put together and on my feet for good


Emang sih kayanya kepedean, but in time like this, I know who are God I believe. Lagipula kalau memang nubuatan itu tidak terjadi in the way I want to... Hmmm, untuk hati yang dipenuhi penyerahan... "Not my will, but Yours be done", tidak ada tempat untuk kekecewaan. Sepanjang kita mengikuti tuntunan Allah tidakada yang namanya kalah atau rugi, karena semuanya toh pasti membawa kebaikan pada akhirnya.

Anehnya, message soal doa dan strategi Iblis dan peperangan rohani ini diulang lagi di ibadah minggu. Pendetanya khotbah kalau Tuhan punya maksud dan tujuan buat setiap kita, tapi Iblis akan melakukan segala cara agar rencana Allah atas hidup kita tidak terpenuhi. Trus abis gitu, salah satu temen komselku juga share link di fb dengan message yang lebih khusus: tentang bagaimana Iblis berusaha menghentikan doa-doa kita. Artikel yang dia kasih itu eye opening banget. You have  to read it pokoknya, bisa klik disini yaa.


Anyway, pada intinya, I think I have to pray more... dan tetep aware, kalau ini bukan cuma puasa ngga makan sampai sore T.T tapi ini adalah spiritual walfare. Peperangan rohani. Aku ngga boleh cuma bertahan. Aku harus menyerang. And prayer is the power to attack. Kaya prinsip total football kan (mumpung lagi Euro Cup), the best deffense is offence! Amen!

God bless,

17 comments:

KeZia Margaret said...

waaahhh Kak dita enaaak bangeeed nggak doyan mam..hahahaha..

Dhieta said...

@Kezia : Hahahaha, tapi kalo ditraktir doyan kok, Keeezzzz :p

wina said...

selamat menjalani ibadah "doa puasa" mb dhieta sayaangg!! go go gi!!!!! sharing2lah ama ku yaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhh

FarhaElein said...

mbak dhieta,, Keep Fighting!!

btw, blh nanya gak?
soal doa puasa itu, aku gak terlalu ngerti..soalnya jarang dibahas d gereja aq, dan emang denominasi gereja aq jarang banget ada doa puasa. Kira2 apa latar belakang klo kita melakukan doa puasa? trus ad 'aturan'2nya kah? hehehe... soalnya, (aduuh jd pjg,ggp ya?wkwkwk) bbrp wktu lalu aku diminta doa puasa selama sehari krn ada kegiatan grj, tp bingung gmana?
Kan klo seperti mbak dhieta tulis dsini,, itu bukan soal 'nahan nafsu makan' aja tp peperangan rohani... I want to learn more, biar aku 'doa puasa'nya gak asal2an tp sungguh2 ^^..

God bless,,

Dhieta said...

@Wina : Terima kasih semangatnya winaaa... kan emang tiap hari udah disharing, hehehe....

frits hendrico said...

Hai mba dit..
Kok banyak yang lg puasa toh yoo, emang lagi musim puasa kayanya hahahaha

The best deffense is offence! <-- bener banget, si bapa dusta itu musti dihajar pake serangan mematikan baru dia kabur, kemarin itu baru ngalamin soalnya hehehe

Oiya, sabar mba diet, sabar ntar juga dapet (sok tau) :p

uly said...

semangat dit,, ia kalo doa puasa emang ada peperangan rohaninya,, aku blom lolos kemaren pernah coba doa puasa tapi malah gagal karena tetap aja gak consenfull utk doa,, emang sih puasanya lancar tp doanya yg gak... pengen coba sekali lg sih,,, i'm pray for you dit, supaya kamu memenangkan peperangan rohaninya. go go go

Dhieta said...

@Farha : waaah, ini penjelasan soal doa puasa bisa sabuku nih, haha. Intinya puasa itu salah satu disiplin rohani buat be more focus in God. Kalau saat mendoakan sesuatu puasa, bukan buat merayu Tuhan, tapi supaya roh kita lebih peka, seiring dg berkurangnya kendali kedagingan. Kalo aturan sih ga ada, terserah aja mau puasa macam apa. Tapi ada juga yg ikut gaya puasa tokoh di Alkitab kaya Puasa Ester, Puasa Daniel dll.

Lebih lengkapnya bisa baca buku2 soal puasa, dek. Banyak kok yg ngebahas,,,

Semangat belajar soal puasa yaa :)

Dhieta said...

@Frits : iya ya, frits. Namanya udah jaman akhir kali yaa, peperangan makin intens hehehe... Wah, baru ngalamin apaan nih? Ntar ak cari ah di bloh kamu :D

Hahahaha, aku meng-amin-kan ke-sok tau-an mu koookkk,,,^^

Dhieta said...

@Uly : iya, ly, aku juga masih belajar kok... semangat lah kita yaa, kau juga cerita2 lah kalo lagi puasa, biar bisa didoain :)

Dhieta said...

TES TES

Dhieta said...

tes

Adelina Putri Damar said...

hai kak.. salam kenal yaa.. aku della. nemu blog kk dr blognya ci kezia. hehehe..
aku mau nanya dong.. aku kan juga udah pernah nyoba puasa, tapi aku belum terlalu ngerti tentang doa puasanya, yang didoain itu yang gimana aja si?

Dhieta said...

Halo dellaaa.... salam kenal jugaaa...

:)

Sebenarnya puasa itu salah satu disiplin rohani. Jadi sebenarnya puasa sebaiknya dilakukan tidak hanya saat bergumul dan mendoakan sesuatu. Kalo yang didoain apa ya tergantung pribadi masing-masing, dia sedang mendoakan apa.

Ada orang yang berdoa puasa untuk bangsa negara. Ada yang doa puasa buat pasangan hidup, ada yang doa puasa agar lebih intim sama Tuhan.

Jadi tiap-tiap orang bisa beda hehehe...

Farha elein said...

makasih, mbak atas infonya....yup, ini rencananya mo nyari buku2 sm artikel soal puasa,, biar lbh ngerti lagi,,
SEMANGAT!!! ^^

Dhieta said...

sama-samaaaaa^^

Adelina Putri Damar said...

oohh.. gitu.. aku baru coba puasa tahun ini sih, bulan januari yang lalu, soalnya ada puasa juga di gereja.. tapi karena belum terlalu ngerti ya baru puasa ga makan aja, doanya malah belum 'tercapai' -.-' hehehe

makasih ya kak penjelasannya :)
btw kita kayaknya sama. ga terlalu masalah kalo nahan lapernya karena memang ga terlalu suka makan. hihihi

Post a Comment

I'd love to hear anything from you...
:)

 

Pena Di Tangan Bapa Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review